Tujuan penelitian ini adalah (1) Menidentifkasi Permasalahan Pembelajaran terkait Materi Ekonomi Syariah., (2) Menganalisis kebutuhan siswa dan guru akan bahan ajar ekonomi berbasis ekonomi syariah pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Assalaam Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D meliputi empat tahap yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang ada di MTs Assalaam Manado. Pada tahap awal pengembangan Define dimulai dengan mengidentifikasi masalah dan analisis kebutuhan dari siswa yang dilakukan peneliti untuk mengkaji keadaan di sekolah khususnya di kelas subjek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan Bahan ajar ekonomi berbasis ekonomi Syariah sangat dibutuhkan. Pendefinisian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah pemetaan kebutuhan belajar siswa. Dalam hal ini peneliti akan melakukan studi pendahuluan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner (angket). Hasil identifikasi masalah dan analisis kebutuhan diketahui bahwa pembelajaran ekonomi berbasis ekonomi Syariah sangat diperlukan oleh peserta didik karena dalam proses pembelajaran guru tidak memperhatikan unsur dari ekonomi Syariah ataupun adanya kandungan pesan nilai-nilai Syariah dalam bahan ajar sendiri sehingga kebutuhan peserta didik akan terinternalisasi nilai-nilai Syariah dalam pembelajaran ekonomi tidak didapatkan ataupun tidak tersedia. Kata Kunci: Kebutuhan Bahan Ajar, Berbasis Ekonomi Syariah, Pengembangan.
Copyrights © 2023