Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Vol 13, No 1/April (2023): Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara

RESPONSIVITAS PEGAWAI DALAM PELAYANAN ONE DAY SERVICE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR

Sastrawan, Berry (Universitas Djuanda)
Seran, Gotfridus Goris (Universitas Djuanda)
Wati, Erlinda (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2023

Abstract

The purpose of this study was to determine the One Day Service in Population Administration at the Integrated Service Unit V Ciawi, the Department of Population and Civil Registration, Bogor Regency. The method used in this study is a descriptive method with a quantitative approach. The population in this study were employees of the Integrated Service Unit V Ciawi, Bogor Regency Population and Civil Registration Service, totaling 12 respondents and 98 people who were used as respondents, in this study using the Yamane formula. The data collection was carried out using observation techniques, interviews, and distributing questionnaires. The results of this study indicate that the One Day Service in population administration includes KK, MCH, Birth Certificate and Death Certificate services, with an average score of 3.99 in the good category. This can be interpreted that the One Day Service in Population Administration at the Integrated Service Unit V Ciawi, the Population and Civil Registration Office of Bogor Regency as a whole is good where it is viewed from the six dimensions of service responsiveness. However, this is seen from the dimensions of the ability to respond to complaints that have not been carried out properly because a suggestion box has not been provided to accommodate complaints from the community so that special attention is needed and is able to provide a suggestion box.  AbstraksiTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui One Day Service Administrasi Kependudukan di Unit Pelayanan Terpadu V Ciawi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Satuan Pelayanan Terpadu V Ciawi Kabupaten Bogor yang berjumlah 12 responden dan 98 orang yang dijadikan responden, dalam penelitian ini menggunakan rumus Yamane. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa One Day Service dalam administrasi kependudukan meliputi pelayanan KK, KIA, Akta Kelahiran dan Akta Kematian dengan skor rata-rata 3,99 dalam kategori baik. Hal ini dapat diartikan bahwa One Day Service Administrasi Kependudukan di Unit Pelayanan Terpadu V Ciawi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor secara keseluruhan sudah baik jika dilihat dari enam dimensi ketanggapan pelayanan. Namun hal ini dilihat dari dimensi kemampuan menanggapi pengaduan belum terlaksana dengan baik karena belum disediakan kotak saran untuk menampung pengaduan dari masyarakat sehingga diperlukan perhatian khusus dan mampu menyediakan kotak saran. .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdg

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal DINAMIKA GOVERMANCE (JDG) diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dan artikel mengenai Manajemen dan Kebijakan Publik, Pemerintahan, dan ...