Wahana Didaktika
Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Mahir Berbahasa Inggris Melalui Inovasi Teknik Probing-Promting Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar

Gali Alrajafi (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Carla Maretha (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Rani Puspita Sari (Universitas Muhammadiyah Lampung)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Penelitian ini berakar pada kecemasan yang terjadi di dunia pengajaran keterampilan berbicara selama periode pasca pandemi. Pengaruh pembelajaran online menurunkan motivasi siswa dalam mengasah keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan strategi alternatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara secara efektif dan efisien dengan menggunakan teknik probing-prompting yang dimodifikasi dengan penggunaan permainan modern agar siswa merasa senang selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil tes yang telah diberikan kepada siswa dan pengujian hipotesis, di dapatkan kesimpulan: penggunaan probing-prompting berpengaruh positif dalam membantu siswa meningkatkan keterampilan berbicara dan ditunjukkan bahwa thitung>ttabel, yaitu tratio = 2,90 dan ttabel 5% = 2,00 dan 1% = 2,66. Siswa yang diajar dengan teknik ini memperoleh nilai yang lebih baik, meskipun selama pembelajaran siswa takut melakukan kesalahan yang disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri siswa. Teknik ini efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berbicara di era new normal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...