belakang penelitian ini adalah rendahnya kinerja guru. Hal tersebut ditunjukkan dengan masih adanya guru yang kurang kreatif dalam pembelajaran dengan iklim sekolah yang kurang kondusif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pada penelitian ini populasi yang diteliti adalah guru SMA di SMA Negeri 1 Cilimus dengan jumlah 61 orang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis angket yang menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis), berdasarkan hasil penelitian bahwa iklim sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap kreativitas guru kemudian kreativitas guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Adapun saran penulis mengenai penelitian ini, perlu adanya peningkatan tata tertib, menciptakan suasana sekolah yang tenang dan nyaman sehingga dapat meningkatkan kondusifitas dan proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik apalagi dengan kreativitas guru yang dimiliki maka siswapun tidak akan bosan dalam menerima pelajaran. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kreativitas guru perlu adanya iklim sekolah yang mendukung misal dalam penyediaan sarana dan prasarana sekolah sehingga akan berimplikasi terhadap kinerja guru yang baik pula.
Copyrights © 2023