JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Kelas VII A di MTsN 3 Jombang)

Habil Syahril Haj (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)
Mochammad Syafiuddin Shobirin (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences di MTsN 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitian atau informan yang digunakan adalah Kepala Kurikulum, Guru Bahasa Indonesia, Olahraga, Ipa. Matematika, Agama, dan Seni dan siswa MTsN 3 Jombang hal itu dimaksudkan agar peneliti mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tringulasi, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah observasi langsung dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa menurut informan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences sudah di lakukan di MTsN 3 Jombang melalui progam kelas yang disebut dengan CIBI (cerdas istimewa dan bakat istimewa); 2) Melalui program kelas tersebut penerapan multiple intelligences menjadi efektif karena sudah terkondisi dengan siswa yang mempunyai kecerdasan intelligensi; 3) Penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligensi memberkan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa. Dalam penerapan strategi berbasis multiple intelligences ditemukan kendala diantaranya: 1) Waktu pembelajaran yang masih terbatas; 2) Perizinan untuk eksplorasi di luar madrasah masih belum di perkenankan 3) Media pembelajaran yang masih jarang di manfaatkan oleh guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...