Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PjBL lebih dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tareran di Kabupaten Minahasa Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PjBL yang berjumlah 20 siswa dan kelas VII B yang menggunakan pembelajaran Langsung yang berjumlah 20 siswa. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan Uji T pihak kanan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 76,65 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 66,3. Demikian hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,813 sedangkan ttabel sebesar 2,024. Nilai thitung>ttabel maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model PjBL lebih dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tareran.
Copyrights © 2023