JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Application of the Project Based Learning Learning Model on Social Arithmetic Material in Class VII of SMP Negeri 2 Tareran

Mersy Lesar (Department of Mathematics Education, Manado State University, Indonesia)
Philotheus E. A. Tuerah (Department of Mathematics Education, Manado State University, Indonesia)
Sylvia J. A. Sumarauw (Department of Mathematics Education, Manado State University, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PjBL lebih dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tareran di Kabupaten Minahasa Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PjBL yang berjumlah 20 siswa dan kelas VII B yang menggunakan pembelajaran Langsung yang berjumlah 20 siswa. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan Uji T pihak kanan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 76,65 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 66,3. Demikian hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,813 sedangkan ttabel sebesar 2,024. Nilai thitung>ttabel maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model PjBL lebih dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tareran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...