JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Metode Studi Sejarah Peradaban Islam

Ali Imran Sinaga (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Nur Khafifah Indriyani Batubara (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Ika Wirdani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kajian metode studi sejarah peradaban Islam. Dalam mengkaji latar belakang sejarah perkembangan Islam dan strategi kajian yang dapat dipertanggung jawabkan ini menggunakan upaya library research dengan mengumpulkan berbagai buku, majalah, catatan harian, kaitan kehidupan dengan isu dan tujuan eksplorasi. Proses penelitian diawali dengan tahapan mengidentifikasi, mencari informasi yang relevan, menganalisis temuan, kemudian mengembangkan dan mengungkapkannya menjadi temuan baru terkait sejarah peradaban Islam dan metode kajian sejarah. Pengumpulan data dengan hasil penelitian sebelumnya mendukung data tema penelitian sejarah peradaban Islam dan metode kajian sejarah. Peradaban sebagai bukti kemajuan budaya dan evolusi kadang-kadang. Sebaliknya, Islam adalah agama samawi yang diturunkan Allah swt. kepada seluruh manusia melalui utusan-Nya, Nabi Muhammad saw., disertai Al-Qur'an dan Hadits sebagai pedoman. Metode sejarah dan metode penggalian sejarah digunakan untuk menulis tentang sejarah peradaban Islam. Penggalian sejarah (historografi) biasanya menggunakan metode yang tepat seperti wawancara lisan atau tatap muka, observasi langsung, dan metode dokumenter yang menyelidiki setiap dokumen dengan sangat rinci. Setelah metode penggalian sejarah dilakukan, maka digunakan metode sejarah. Teknik yang digunakan menggabungkan strategi yang berbeda (penggambaran), teknik serupa (melihat), dan teknik investigasi gabungan (pemeriksaan dasar dan membuat kesimpulan).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...