JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Metode Studi Alquran dan Hadis

Sabilla Hidayani Br. Tarigan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Siti Nurhaliza (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Hairil Anwar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Ali Imran Sinaga (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Alqur’an dan Hadis merupakan dua tuntunan hidup yang utama dalam Islam. Kedua sumber ajaran agama Islam ini memiliki keistimewaan yang saling melengkapi satu sama lain. Dalam memahami Alquran dan Hadis diperlukan metode untuk memahaminya, hal tersebut tidak terlepas dari sejarah perkembangan dan penyusunan Alqur’an dan Hadis. Di mana keduanya disusun karena kekhawatiran para pendahulu kita bahwa Alqur’an dan Hadis tidak terjamin keasliannya. Maka dikumpulkanlah Alqur’an dan Hadis menjadi buku yang seperti yang kita temui saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kajian metode studi alquran dan hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Seiring proses perkembangan keilmuan Alquran dan Hadis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat unsur-unsur yang terkandung dalam Alquran dan Hadis, latar belakang sejarah pembukuannya, ilmu-ilmu yang dapat dipelajari di dalamnya, dan metode-metode yang dapat digunakan dalam memahami Alquran dan Hadis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...