Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Volume 08, Nomor 01, Juni 2023

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM MERDEKA MENURUT KAJIAN FILSAFAT PROGRESIVISME

Wiwit Sanjaya (Universitas Negeri Padang)
Desyandri (Dosen Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Mengembangkan kurikulum merdeka siswa lebih mandiri dalam pembelajaran karena menekankan pada keterampilan membaca, berhitung dan berkarakter. Literasi tidak hanya mengukur kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan menganalisis apa yang dibaca dan memahami konsep. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membentuk nilai-nilai sosial dan kebangsaan peserta didik. Diharapkan setiap peserta didik dapat mengikuti nilai-nilai karakter positif masyarakat dan menjadi pribadi atau warga negara yang memiliki nilai religius, nasionalisme yang tinggi, produktif dan juga kreatif. Aliran progresivisme adalah aliran filsafat pendidikan yang mengubah proses pendidikan, dimana menentang pembelajaran tradisional atau monoton yang masih berpusat pada guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...