Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Volume 08, Nomor 01, Juni 2023

ANALISIS KEGIATAN APRESEPSI MENGGUNAKAN METODE PRESENTASI DAN EKSPLANASI PADA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR

Ma'rifatul Jannah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Darsinah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ernawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiata apresepsi dengan menggunakan penerapan metode presentasi dan eksplanasi oleh guru dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, bersifat naturalistik karena dilaksanakan pada kondisi alamiah. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penerapan metode presentasi dan eksplanasi sering dilakukan oleh guru Sekolah Dasar (SD) dan banyak guru yang belum menguasai teknik pelaksanaannya. Penelitian ini menganalisis praktik penerapan metode presentasi dan eksplanasi ini menggunakan kaca mata teoritik dari Arends & Kilcher dalam kegiatan apresepsi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Objek pada penelitian ini, yaitu guru kelas IV dan V SD. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan, yakni bulan Oktober-November 2022. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Kegiatan apresepsi penting dilakukan pada kegiatan awal pembelajaran dengan metode penyampaian yang tepat. 2) Keterampilan guru dalam pelaksanaan apresepsi dengan metode presentasi dan eksplanasi tergantung dari tingkat pemahamannya. (3) Metode presentasi dan eksplanasi menjadi metode yang paling sering digunakan guru saat kegiatan apresepsi pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...