Journal of Education Action Research
Vol 7 No 2 (2023): May 2023

Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Time Token

Siti Mariah (Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia)
Yopi Nisa Febianti (Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia)
Maya Dewi Kurnia (Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Keaktifan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat penting untuk keberhasilan dalam pembelajaran. Penelitian ini mencoba untuk menerapkan model Time Token sebagai model pembelajaran yang akan menstimulasi keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran cerpen menggunakan model Time Token. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 36 siswa kelas XI, dengan siswa lakiā€“laki berjumlah 14 siswa dan siswa perempuan berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukan pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 19,16%. Pada aktivitas aktif terjadi peningkatan sebesar 10,33%. Pada aktivitas aktif menjawab guru terjadi peningkatan sebesar 20,8%. Pada aktivitas aktif menjawab saat diskusi terjadi peningkatan sebesar 11,11%. Pada aktivitas konsentrasi saat pelajaran terjadi peningkatan 22,92%. Pada aktivitas aktif mengerjakan tugas peningkatan sebesar 13,76%. Pada aktivitas membuat catatan saat pelajaran peningkatan sebesar 21,56%. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas XI IPS 3 pada pembelajaran Teks Cerpen di Sekolah Menengah Atas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...