Keaktifan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat penting untuk keberhasilan dalam pembelajaran. Penelitian ini mencoba untuk menerapkan model Time Token sebagai model pembelajaran yang akan menstimulasi keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran cerpen menggunakan model Time Token. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 36 siswa kelas XI, dengan siswa lakiālaki berjumlah 14 siswa dan siswa perempuan berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukan pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 19,16%. Pada aktivitas aktif terjadi peningkatan sebesar 10,33%. Pada aktivitas aktif menjawab guru terjadi peningkatan sebesar 20,8%. Pada aktivitas aktif menjawab saat diskusi terjadi peningkatan sebesar 11,11%. Pada aktivitas konsentrasi saat pelajaran terjadi peningkatan 22,92%. Pada aktivitas aktif mengerjakan tugas peningkatan sebesar 13,76%. Pada aktivitas membuat catatan saat pelajaran peningkatan sebesar 21,56%. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas XI IPS 3 pada pembelajaran Teks Cerpen di Sekolah Menengah Atas.
Copyrights © 2023