Oriflame merupakan salah satu perusahaan kosmetika yang bergerak di bidang MLM yang bermula di Stockholm, Sweden, tahun 1967 oleh dua orang bersaudara Jones dan Robert af Jochnik. Dalam usaha untuk memasarkan produknya, perusahaan harus mampu menarik perhatian konsumen melalui produk kosmetik yang ditawarkan. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penjualan produk Oriflame. Pengolahan data dengan menggunakan Metode Analisis faktor dengan SPSS. Faktor yang diteliti secara garis bear adalah produk, harga, tempat dan promosi. Melalui penelitian yang dilakukan penulis terhadap faktor-faktor yang berpengaruh dalam penjualan produk Oriflame, maka diperoleh empat faktor yang mempengaruhi penjualan produk Oriflame. Keempat faktor ini mampu mempersentasikan 64,345 % fenomena penelitian. Hasil pengelompokan variabel manifes kedalam variabel laten adalah Fakor 1, didominasi variabel-variabel manifes :Produk Mudah untuk diperoleh, Kemampuan dari pegawai personal selling, Pemberian Promo, Kepedulian dari Pegawai personal Selling, Materi iklan yang menarik, Merek dagang yang di kenal oleh masyarakat, Pemberian discoun, Harga yang terjangkau, Produk tersedia pada waktu yang tepat. Faktor 2, didominasi variabel manifes: Produk tidak memiliki efek samping, Produk sesuai dengan yang dijanjikan, Produk tidak menyebabkan ketergantungan, Faktor 3, didominasi variabel manifes: Produk tersedia untuk semua jenis kulit, Produk memilki desain yang menarik, Produk tersedia untuk semua jenis usia, Produk memilki variasi warna yang menarik, Faktor 4, didominasi variabel manifes: Memilki daftar harga yang lengkap
Copyrights © 2020