Penulis melakkukan penelitian ini pada PT. Dwimulya Mandiri Perkasa Cabang Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan dan juga untuk mengetahui alternative strategi pemasaran yang dapat dipakai oleh PT. Dwimulya Mandiri Perkasa Cabang Medan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara langsung, dan studi literature. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Analisis ini digunakan untuk mengidentifikasi lingkungan intern dan ekstern perusahaan dalam iklim persaingan dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama. Analisis SWOT mencakup lingkungan ekstern dan lingkungan intern. Analisi lingkungan adalah suatu proses yang digunakan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kemudian menentukan bobot dan rating factor internal dan eksternal (IFAS dan EFAS), membuat diagram SWOT dan matriks SWOT. Berdasarkan analisis factor strategi internal (IFAS) dan Eksternal (EFAS), selisih bobot rating antara kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman adalah sebagai berikut: nilai bobot rating Strength diatas nilai Weakness selisih (+) 0.35 dan nilai Opportunity diatas nilai Threat dengan selisih (+) 0.65 yang berada pada kuadran I. maka strategi pemasaran PT. Dwimulya Mandiri Perkasa Cabang Medan adalah Strategi yang diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif
Copyrights © 2020