Jurnal Sains dan Teknologi ISTP
Vol. 15 No. 1 (2021): Juni

INVESTIGASI PENGARUH JARINGAN PIPA INDUK AIR LIMBAH (TRUNK SEWER) TERHADAP AIR TANAH DALAM (STUDI KASUS JARINGAN MULAI PUMPING HM. YAMIN SAMPAI DENGAN IPAL CEMARA MEDAN)

Endi Martha Mulia, ST, M.Si (Institut Sains dan Teknologi TD.Pardede)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2021

Abstract

Permasalahan air limbah merupakan salah satu hal yang berhubungan langsung dengan perkembangan sebuah kota secara umum dan kota Medan secara Khusus. Pelayanan Air Limbah Domestik Sistim Perpipaan (Sewerage Systems). Dalam Rencana Induk (Master Plan) 1985 disusun dalam tiga tahapan. Tahap I (520 Ha) diimplementasikan tahun 1985-1989 melalui Medan Urban Development Project I (MUDP I) dan MUDP II tahun 1989-1994, plus tahun1995 implementasi IPALCemara. Sehingga bila kita merujuk pada data diatas maka jaringan pelayanan air limbah yang ada sudah berumur 25 tahun dimana dengan kondisi tersebut sudah selayaknya untuk dilaksanakan pemeriksaan kondisi fisiknya, serta kaitannya terhadap kondisi air tanah pada jaringan utama air limbah. Sesuai Master Plan Air Limbah Kota Medan 1995, dan Review Master Plan Air Limbah kota Medan tahun 2010, dimana wilayah pelayanan I dengan luas 520 Ha, di layani oleh pipa Air limbah Trunk sewer (HM.Yamin- Ipal cemara) yang di bangun melalui MUDP-I dan MUDP –II tahun 1989-1995 yang sudah berumur 25 tahun. Disisi lain sebagai usaha mempersiapkan kondisi optimal dari Pipa Air Limbah (trunk Sewer) Hm.Yamin-Ipal Cemara, untuk dapat berfungsi sesuai Review Master Plan Air Limbah kota Medan tahun 2010, dimana pengembangan Wilayah Pelayanan II akan di koneksikan ke jaringan pipa induk kota.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sains dan Teknologi ISTP (Institut Sains dan Teknologi TD.Pardede) ini merupakan salah satu media publikasi penelitian yang menambah deretan jurnal dengan disiplin ilmu sains dan teknologi, dengan No ISSN 2356-0878 dan diharapkan mampu menjadi media pemicu untuk menambah keinginan kaum ...