Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP)
Vol. 3 No. 1 (2023): Prosiding SNIP Vol.3 No.1

Studi Kelayakan Perencanaan Program Rekonstruksi Rehabilitasi di Jalan-jalan Utama Sektor Pertanian Kabupaten Lampung Timur

Indra Alfandi Ramlie (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sukadana, Komplek Perkantoran Jl. Buay Anak Tuha, Sukadana, Lampung Timur)
Ratna Widyawati (Dosen Pembimbing 1 Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Lampung)
Trisya Septiana (Dosen Pembimbing 1 Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Pesatnya pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan semakin berkembangnya industri, pemukiman serta pariwisata berkorelasi dengan kebutuhan infrastruktur jalan yang juga meningkat. Dan untuk mendukung keberhasilan perencanaan program jalan perlu diawali dengan dilakukan studi kelayakan. Lampung timur merupakan daerah yang memiliki daerah pertanian yang cukup luas sehingga jalan untuk sektor ini sangat diperlukan. Penelitian ini diperoleh kemantapan 27,63% hal ini membuktikan bahwa ruas prioritas pertanian masih rusak sedang - berat. Tinjauan aspek perencanaan sangat diperlukan guna meningkatkan kemantapan jalan sehingga lalu lintas dan mobilisasi hasil pertanian semakin optimal dan lancar serta mengurangi ongkos produksi. Perencanaan pada sektor pertanian beraneka ragam yakni terdapat rekonstruksi dengan dua lapis aspal, di segmen yang tidak memungkinkan dengan aspal dilakukan perencanaan dengan rigid beton serta terdapat perencanaan pelebaran jalan sehingga kapasitas dapat meningkat.Penanganan jalan di sektor prioritas pertanian mencapai Rp. 33.264.000,.

Copyrights © 2023