Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan karakter eksekutif terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur subsektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017-2021. Total Debt Ratio digunakan sebagai proxy untuk leverage, Log Total Aset untuk ukuran bisnis, Risiko Perusahaan untuk kepribadian eksekutif, dan Tarif Pajak Efektif untuk agresi pajak (ETR). Metode penyelidikan kuantitatif dan kualitatif digunakan. Populasi dalam analisis ini adalah produsen barang konsumsi yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dan termasuk dalam kerangka waktu penelitian (2017-2021). Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel, dan total 155 bisnis terwakili selama tahun 2017-2021. Informasi untuk penelitian ini berasal dari website http://www.idx.co.id yang memuat laporan keuangan tahunan perusahaan. Istilah "dokumentasi" mengacu pada taktik ini. Studi ini menemukan bahwasanya agresi pajak berkorelasi positif dan signifikan dengan leverage dan ukuran perusahaan. Kepribadian eksekutif, di sisi lain, tidak mempengaruhi agresi pajak.
Copyrights © 2022