Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 4 (2023): Journal on Teacher Education

Validitas Modul Ajar Mutasi Berbasis Problem Based Leraning (PBL)

Sinta Wulandari (Universitas Negeri Padang)
Syamsurizal Syamsurizal (Universitas Negeri Padang)
Fitri Arsih (Universitas Negeri Padang)
Suci Fajrina (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang menjadikan pendidikan berpusat pada peserta didik sehingga pendidik dituntut mampu mengembangkan modul ajar. Modul ajar kurikulum merdeka merupakan bahasa baru dari RPP yang memiliki ketentuan format memuat materi pembelajaran, interpretasi, dan teknik evaluasi yang disusun secara sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development menggunakan model 4-D yang dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini 2 orang dosen departemen biologi FMIPA UNP, 3 orang guru biologi SMAN 1 Batang Anai. Objek penelitian adalah modul ajar mutasi problem based learning (PBL) untuk mata pelajaran biologi fase F SMA/MA. Instrumen pengumpulan data adalah angket wawancara pendidik, angket validitas, dan angket uji keterbacaan. Hasil uji validitas modul ajar adalah 92,10% dikategorikan sangat valid. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa modul ajar mutasi berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk mata pelajaran biologi fase F SMA/MA valid.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...