Journal of Gurutta Education
Vol. 2 No. 2 (2023): Journal of Gurutta Education (JGE)

Metode Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling dan Insting (STIFIn) dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Alam Insan Kamil Kabupaten Gowa

Hasmaniah (Universitas Muslim Indonesia)
Hasibuddin Hasibuddin (Universitas Muslim Indonesia)
Rosmiati (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode STIFIn dalam pembentukan karakter peserta didik khususnya kedisiplinan dan tanggung jawab serta mengkaji faktor yang menghambat penerapan metode STIFIn dalam pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Dasar Alam Insan Kamil Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, berupaya mengungkapkan kajian tentang penerapan STIFIn serta hambatan yang ditemukan di lapangan. Informasi diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dan tanggung jawab model penilaian karakter pada peserta didik untuk semua tipe mesin kecerdasan sebagian besar sudah berada pada hasil penilaian karakter (M) Membudaya, artinya metode yang digunakan sudah cukup efektif terutama pada proses pendampingan oleh pendidik, dalam mendukung perkembangan karakter anak di sekolah. Adapun hambatan yang didapatkan berupa masalah pelatihan yang belum secara menyeluruh diikuti, masalah jarak sekolah, keterlambatan, pergaulan anak disekitar rumah dapat diatasi dengan pendekatan yang diberikan pendidik kepada peserta didik melalui metode STIFin walaupun diantaranya ada yang menjadi pertimbangan internal untuk dapat diatasi secara cepat oleh pihak sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jge

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Gurutta of Education: Journal of Islamic Religious Education Studies and Islamic Education Issues (e-ISSN: 2829-6737) It is published twice a year in June and December. The Journal of Islamic Religious Education is published by the Masters Study Program of Islamic Religious Education Postgraduate ...