Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
Vol 4, No 2 (2022): October 2022

Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas

Ahmad Hidayat (SMK Negeri 3 Kota Jambi)
Mohamad Muspawi (Universitas Jambi)
K. A. Rahman (Universitas Jambi)
Muhammad Fajar Ronansyah (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Penelitian ini bermaksud melihat peran kepemimpinan di sekolah terhadap kinerja guru di sekolah. Sampel didapat dari semua guru SMA Attaufiq di Kota Jambi sebanyak 16 dari sebanyak koresponden didapat 80 point, snowball sampling dan purposive sampling, didapat sampel sebanyak. Pengumpulan data diambil dengan cara wawancara langsung kepada guru menggunakan skala Likert 5 poin, dari penelitian memperlihatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah sudah mengimplementasikan strategi tepat, mudah diaplikasikan, dan akuntable. Pada penelitian ini guru yang memiliki motivasi kerja yang baik, dilihat dari capaian kebutuhan baik bersifat sosial, rasa aman, penghargaan, dan aktualisasi diri. Selain itu melihat guru yang memiliki motivasi kerja yang baik dilihat pada kinerja, kualitas kerja, ketepatan waktu, dan taat aturan. Diperjelas dari hasil penelitian betapa berpengaruhnya gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah mampu memotivasi kerja guru akan berdampak pada implementasi strategi pada masa yang akan datang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure ...