Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Pengaruh Learning Trajectory Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sakra Tahun Ajaran 2021/2022

Nadia Septina Putri (Universitas Mataram)
Nyoman Sridana (Universitas Mataram)
Junaidi Junaidi (Universitas Mataram)
Nurul Hikmah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Penalitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh learning trajectory terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sakra tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu design research dan eksperimen. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII F. Yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu bahan ajar yang sesuai dengan learning trajectory siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah siswa terlihat antusias dan turut secara aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran seperti dalam kegiatan diskusi kelompok. Pelaksanaan pembelajaran dengan learning trajectory dapat lebih optimal jika disesuaikan dengan materi pembelajaran dan hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, adanya peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberlakukannya pembelajaran dengan learning trajectory.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...