Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 13, No 1 (2023): Reforma

Analisis Penerapan CIKIR (Cerita Kegiatan di Rumah ) Untuk Memotivasi Kemampuan Literasi Membaca dan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Patokan 1 Bantaran

Elsa Haruna Dewi (Universitas Negeri Malang)
Zainulloh Zainulloh (Universitas Negeri Malang)
Hariyanto Hariyanto (Universitas Negeri Malang)
Ade Eka Anggraini (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan penerapan kegiatan CIKIR (Cerita Kegiatan di Rumah) untuk meningkatkan literasi membaca dan kemampuan menulis siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Patokan 1 Bantaran yang terhitung pada bulan Februari hingga Maret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah guru kelas 3 SD Negeri Patokan 1 Bantaran. Teknik pengumpulan data dan instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan pelaksanaan kegiatan CIKIR (cerita kegiatan di rumah ) dalam memotivasi literasi membaca dan kemampuan menulis siswa berada pada tahapan pelaksanaan. Upaya dalam pelaksaan kegiatan CIKIR dalam rangka meningkatkan literasi membaca dan kemampuan menulis siswa  adalah 1) membaca cerita yang dituliskan dalam buku CIKIR dengan bahasa peserta didik sendiri, 2) menceritakan kembali buku CIKIR di depan kelas, 3) menuliskan dengan bahasa sendiri kegiatan yang dilakukan di rumah sebelum berangkat ke sekolah, 4) melatih kemampuan menulis peserta didik, 5) membuat pojok baca, 6) mempebaharui buku bacaan, 7) membuat pojok broadcast.Kata Kunci: CIKIR, Literasi Membaca, Kemampuan Menulis

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

reforma

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Social Sciences

Description

Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan ...