Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan penerapan kegiatan CIKIR (Cerita Kegiatan di Rumah) untuk meningkatkan literasi membaca dan kemampuan menulis siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Patokan 1 Bantaran yang terhitung pada bulan Februari hingga Maret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah guru kelas 3 SD Negeri Patokan 1 Bantaran. Teknik pengumpulan data dan instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan pelaksanaan kegiatan CIKIR (cerita kegiatan di rumah ) dalam memotivasi literasi membaca dan kemampuan menulis siswa berada pada tahapan pelaksanaan. Upaya dalam pelaksaan kegiatan CIKIR dalam rangka meningkatkan literasi membaca dan kemampuan menulis siswa adalah 1) membaca cerita yang dituliskan dalam buku CIKIR dengan bahasa peserta didik sendiri, 2) menceritakan kembali buku CIKIR di depan kelas, 3) menuliskan dengan bahasa sendiri kegiatan yang dilakukan di rumah sebelum berangkat ke sekolah, 4) melatih kemampuan menulis peserta didik, 5) membuat pojok baca, 6) mempebaharui buku bacaan, 7) membuat pojok broadcast.Kata Kunci: CIKIR, Literasi Membaca, Kemampuan Menulis
Copyrights © 2023