Jurnal Abdidas
Vol. 4 No. 2 (2023): April, Pages 121 - 220

Efektivitas Pelaksanaan Strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short Course) dalam Penanggulangan TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Kuranji Padang

Helmanis Suci (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang)
Ledia Restipa (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Terjadinya TB Paru menjadi masalah Tuberkulosis yang selanjutnya disingkat TB adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang paru dan organ lainnya. kemiskinan pada berbagai kelompok masyarakat serta tidak optimalnya pelaksanaan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short Course). Pelaksanaan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short Course) dilakukan di sarana-sarana Kesehatan Pemerintah dengan Puskesmas sebagai ujung tombak pelaksanaan program. Pelaksanaan strategi DOTS kepada pasien TB paru yang dilakukan setiap bulannya dalam bentuk penyuluhan yang diikuti lebih dari 30 orang pasien TB paru setiap bulannya, namun dianggap kurang efektif karena dilakukan hanya satu kali dalam sebulan. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan perubahan dalam efektifitas pelaksanaan strategi DOTS setiap minggunya terhadap pasien TB paru dengan harapan dapat merubah pola gaya hidup pasien TB paru dalam menjalani perawatan terutama dalam pelaksanaan strategi DOT kepada pihak terkait seperti DinKes, puskesmas, dapat mengprogramkan kegiatan ini secara rutin Meningkatkan komitmen melalui kerjasama dalam hal pendanaan dengan pihak-pihak terkait baik instansi pemerintah ataupun swasta agar pelaksanaan penanggulangan Tb paru seperti penjaringan suspek, penyuluhan, penyediaan stok obat dapat terlaksanakan secara maksimal serta bekerjasama dengan Puskesmas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...