JANACITTA: Journal of Primary and Children's Education
Vol. 1 No. 2 (2018)

Penerapan Pembelajaran Konflik Kognitif dalam Menurunkan Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD N Wujil 01 Tahun Ajaran 2018/2019)

Ela Suryani (Universitas Ngudi Waluyo)
Anni Malihatul Hawa (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu keefektifan pembelajaran konflik kognitif dalam menurunkan miskonsepsi IPA siswa SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konflik kognitif dapat menurunkan miskonsepsi siswa konsep sifat-sifat cahaya sehingga pemahaman konsep siswa meningkat dan ketidaktahuan konsep menurun. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang memahami konsep dengan benar (P-1) sebesar 22.42% menjadi 60.50%; memahami konsep tapi tidak yakin (P-2) sebesar 10.51% menjadi 8.25%; miskonsepsi (M) sebesar 41.28% menjadi 17,76%; dan tidak paham konsep (TP) sebesar 25.79% menjadi 13.49%. Selain itu, ketuntasan belajar klasikal mencapai 63%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

janacitta

Publisher

Subject

Education

Description

Janacitta this is a scientific publication that contains about the works in the world of education by teachers, lecturers, and society. Scientific work in this published journal is an article of research or innovative and progressive ideas in the field of formal education. Articles of research are ...