EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021

PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Hasan Bisri (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Maria Ulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disiplin siswa MI Nur Ilahi Tangkilsari Tajinan Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik disiplin siswa, (2) mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakteristik disiplin siswa, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan. Menganalisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ciri-ciri kedisiplinan siswa meliputi siswa yang menaati peraturan sekolah dan siswa yang tidak menaati/melanggar peraturan sekolah. (2) Peran guru dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa meliputi guru sebagai guru, pendidik, evaluator, dan panutan bagi siswa. (3) Faktor pendukung yang membentuk karakter kedisiplinan siswa antara lain dukungan rencana kegiatan sekolah dan kerjasama yang baik dari seluruh warga sekolah. Faktor penghambat karakteristik disiplin siswa antara lain pengawasan guru yang terbatas terhadap siswa, pengaruh sosial teman, dan penggunaan teknologi yang tidak tepat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...