Pada siswa kelas 2 SDIT Bina Insani Lirboyo masih belum bisa merespon perilaku emosional pada temannya, sehingga masih belajar untuk memiliki rasa bersalah, malu, takut dan sedih. Dalam mengekspresikan emosinya masih dengan cara yang salah seperti memukul teman. Penyebabnya adalah siswa SDIT Bina Insani Lirboyo masih dalam peralihan antara TK ke SD sehingga emosi anak belom stabil dan mandiri anak juga masih harus dibimbing. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi perilaku emosional anak kelas 2 di SDIT Bina Insani Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah siswa yang dijadikan informan sebanyak 14 siswa. Instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri dan pedoman wawancara yang isinya adalah pertanyaan tentang perilaku emosional pada siswa kelas 2. Untuk analisa tematik menghasilkan tema besar yaitu persepsi siswa kelas 2, perasaan dan pola pikir siswa kelas 2 dan kondisi perilaku siswa kelas 2
Copyrights © 2020