Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Vol 2, No 1 (2022): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies

KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA MAKASSAR BERBASIS LINGKUNGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALLANGA KABUPATEN GOWA

Kembong Daeng (Universitas Negeri Makassar)
Sakinah Fitri (Universitas Negeri Makassar)
St Amina (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan keterampilan  menulis narasi bahasa Makassar berbasis lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kuantitatif. Variabel penelitian yaitu keterampilan menulis narasi bahasa makassar berbasis lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Pallangga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik ter tertulis. Tekni analisis data yaitu: (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dan skor rata-rata, (3) membuat tabel klasifikasi keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa belum mencapai standar pencapaian yang direncanakan 75% dengan kriteria ketuntasan minimal (75 KKM) berdasarkan hasil penelitian terdapat 22 siswa mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penilaian tingkat keterampilan siswa secara keseluruhan berada pada taraf cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ternyata siswa yang memperoleh dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) terdapat 22 orang dengan persentase 70% dan yang memperoleh nilai di bawah KKM terdapat 15 orang siswa dengan persentase 30%.Keyword: Keterampilan, Menulis, Narasi, Siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijpss

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of pedagogical and Social Sciences. The journal covered by all topics in: Humanities Social studies Management Education, Teaching Learning And others (within the scope ...