Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 2 No 3 (2020): AL-AHYA

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS GOOGLE FORM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Umni Alwiyah (Unknown)
St. Syamsudduha (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ahmad Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kognitif berbasis Google Form yang valid, reliabel, daya pembeda yang baik, tingkat kesukaran yang bervariasi (mudah, sedang, dan sukar), dan efektivitas pengecoh yang bekerja pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Takalar. Instrumen penilaian kognitif yang dikembangkan berbentuk pilihan ganda yang terformat dalam Google Form. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan tipe Formative Research yang dikembangkan oleh Tessmer, pengembangan ini terdiri dari 3 tahap yaitu Preliminary, Self Evaluation dan Prototyping. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh koefisien validitas isi yaitu 1 yang berada pada kriteria tinggi dan 50% dari 30 butir soal dalam kriteria valid. Hasil uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 yang diperoleh adalah 0,70 dengan kriteria tinggi. Daya pembeda sebesar 70% dengan 20% termasuk kriteria cukup, 30% termasuk kriteria baik, dan 20% termasuk kriteria sangat baik. Tingkat kesukaran yang bervariasi yakni mudah, sedang, dan sukar, masing-masing menunjukkan perbandingan 23%:54%:23%. Efektivitas pengecoh yang bekerja dengan baik dengan persentase 80%, yakni 33% termasuk kriteria cukup dan 47% termasuk kriteria efektif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alahya

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Ahya is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biological education. The focus and scopes of Jurnal Al-Ahya are as follows. 1. Design and learning models in biological education 2. Evaluation of biology education 3. Development and application of ...