Media pembelajaran berbasis buku teks membuat suasana belajar menjadi kurang menarik bagi siswa, khususnya bagi siswa - siswa sekolah dasar. Hal ini menyebabkan transfer ilmu menjadi terhambat. Kemajuan dalam informasi teknologi telah merambah dunia pendidikan yang menerapkan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam pengajaran dan kegiatan pembelajaran seperti animasi visual termasuk teknologi augmented reality. Realitas yang diperbesar teknologi dalam aplikasi pembelajaran bahasa inggris menjadi solusi untuk menarik minat anak SD. Aplikasi ini memiliki dua fitur utama yaitu pembelajaran dan kuis. Pertama, siswa diberikan pengenalan tentang benda-benda di sekitar rumah dalam bahasa Inggris, kemudian diminta untuk mengerjakan soal dalam lingkungan teknologi augmented reality dan virtual reality. Aplikasi ini melakukan beberapa proses yang meliputi pembacaan simbol marker menggunakan kamera, kemudian melakukan tahap pre-processing yaitu adalah proses segmentasi untuk perbandingan penanda simbol. Jika simbol penanda adalah gambar yang memiliki kemiripan dengan data referensi, citra hasil pengenalan akan digunakan untuk menampilkan 3 dimensi obyek. Hasil uji coba menunjukkan bahwa fitur aplikasi ini berjalan dengan baik, dan siswa mempersepsikannya baik membantu untuk memiliki aplikasi ini untuk belajar bahasa Inggris.
Copyrights © 2023