Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2023): Juni 2023

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERMODIFIKASI COGNITIVE LOAD THEORY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Dimas Adji Permana (Unknown)
Aan Hendrayana (Unknown)
Sukirwan Sukirwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning yang dimodifikasi dengan memperhatikan cognitive load theory terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Serang pada tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran dengan model problem based learning biasa dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran dengan model problem based learning termodifikasi cognitive load theory. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran model concurrent embedded dengan metode kuantitatif sebagai metode primer dan metode kualitatif sebagai metode sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari siswa kelas kontrol. Selain itu, model problem based learning termodifikasi cognitive load theory juga diketahui memberikan pengaruh positif karena mampu meminimalisir beban kognitif siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...