Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Pengaruh Model Guide Discovery Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Jaka Wijaya Kusuma (Universitas Bina Bangsa)
Maulida Nur (Universitas Bina Bangsa)
Anggun Tri Prabawati (Universitas Bina Bangsa)
Zaenuri Zaenuri (Universitas Negeri Semarang)
Rochmad Rochmad (Universitas Negeri Semarang)
Emi Pujiastuti (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Kemampuan koneksi matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah, baik ditingkat nasional maupun internasional. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan koneksi matematis siswa adalah model Guided Discovery Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang diberikan model pembelajaran Guide Discovery Learning lebih baik dari siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain One Groups Pretest-Posttest Design. Populasinya siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Pulomerak dan sampel diambil secara purposive sampling yaitu kelas VIII B dan VIII C. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket sikap siswa. Analisis data menggunakan uji t dan kriteria skor rerata. Kesimpulannya yaitu kemampuan koneksi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik dari siswa yang diberikan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...