Riset ini bertujuan untuk menganalisis dampak social media marketing pada UMKM di Kota Makassar. Dalam hal ini pentingnya penerapan social media marketing dalam meningkatkan keputusan pembelian produk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengolahan data primer yang diperoleh langsung dari hasil kuesioner (menggunakan skala likert/5 skala) yang dibagikan kepada responden yang memenuhi syarat sesuai dengan purposive sampling dengan ketentuan responden yang pernah berbelanja di UMKM yang ada di Kota Makassar melalui perantara media sosial. Adapun responden pada penelitian ini sebanyak 302 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS SEM) dengan pengolahan data menggunakan WarpPls version 8. Hasil penelitian menunjukan bahwa social media marketing memberikan pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian produk UMKM secara langsung, akan tetapi dapat memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui mediasi brand image, hal ini karena segala aktivitas yang dilakukan pada social media pada dasarnya untuk memberikan image yang yang diinginkan kepada produk dan selanjutnya akan memberikan kontribusi yang baik pada pembelian produk tersebut.
Copyrights © 2022