Prosedur pengiriman barang merupakan sistem pengiriman yang ditetapkan operator, harus dipatuhi oleh konsumen ketika mengirim barang. Sistem  trace to tracking  memudahkan operator dan konsumen dalam memantau barang yang dikirim tiba ditujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengiriman barang pelanggan shopee melalui Shopee Express, tahapan pengiriman, pihak yang terlibat selama melaksanakan pengiriman, serta mengetahui kendala apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi kendala pada PT Nusantara Ekspress Kilat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pengiriman barang di Shopee Express dimulai dari penginputan saat buyer check out. Melakukan handle seller, membuat laporan mulai dari laporan rekapitulasi total paket, observasi, laporan isu dan sampai follow seller sampai dengan tahap pengiriman barang/paket oleh team operasional ke buyer. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa prosedur pengiriman barang di Shopee Expres dalam periode penelitian mengalami penurunan paket dalam proses Inbound di masing – masing service, hingga 30% dari bulan sebelumnya. Hambatan yang sering terjadi saat proses pengiriman paket, salah lokasi pengiriman paket yang menimbulkan komplain dari buyer dan kerugian ongkos kirim, adanya salah tempel nomor resi sehingga paket tertukar, salah rute dan keterlamatan pick up paket oleh team first mile. Â
Copyrights © 2023