Mestro
Vol 4 No 03 (2023): Peran Energi Baru Terbarukan dan Robotik di Era Industri 4.0

Sistem Transfer Daya Dari Dua Jenis Mesin Yang Berbeda

Soebyakto Soebyakto (Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik & Ilmu Komputer, Universitas Pancasakti Tegal)
Teuku Edward (Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik & Ilmu Komputer, Universitas Pancasakti Tegal)
Agus Wibowo (Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik & Ilmu Komputer, Universitas Pancasakti Tegal)
M. Agus Shidiq (Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik & Ilmu Komputer, Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2023

Abstract

Sistem pemindah tenaga gerak adalah suatu sistem penggabungan gerak dari komponen-komponen yang berfungsi meneruskan putaran, tenaga mesin dan atau tenaga motor listrik ke roda penggerak. Sistem transfer daya atau sistem powertrain adalah sistem transfer daya yang direkayasa yang memberikan tenaga penggerak untuk roda depan dan belakang. Sistem pemindah daya meliputi unit kopling, transmisi, poros baling-baling, final drive untuk menyalurkan gerak interaksi ke roda. Sistem ini mengumpulkan semua unit yang memiliki fungsi dan karakteristik berbeda untuk membentuk satu kesatuan dalam satu sistem transfer daya. Seperti unit kopling sebagai pemutus dan penghubung kecepatan dan tenaga, unit transmisi berperan memvariasikan kecepatan dan tenaga, unit poros baling-baling sebagai poros penghubung yang fleksibel, poros penggerak mentransmisikan putaran dan tenaga ke roda penggerak. Transmisi kendaraan merupakan unit pemindah daya yang berfungsi untuk memvariasikan putaran dan tenaga dari mesin ke unit pemindah daya selanjutnya. Pada penelitian ini mesin yang digunakan adalah mesin bensin yang diuji dengan motor dc 200 Watt dan motor listrik dc 250 Watt. Putaran dan variasi tenaga kedua mesin ini harus diatur sedemikian rupa agar transmisi sebagai pemindah tenaga dapat saling bergantian, tenaga gerak tersebut berasal dari mesin 1 motor listrik dc 200 W atau mesin 2 motor listrik dc 250 W. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan tenaga penggerak mesin 1 atau mesin 2 yang ditransmisikan melalui sistem pemindah tenaga dapat menghasilkan tenaga putaran dan roda yang mendekati sumber tenaga mesin utama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mestro

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Mestro merupakan jurnal ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon, dalam satu tahun terbit dua kali terbitan yaitu bulan Juni dan Desember. Jurnal MESTRO mewadahi artikel hasil penelitian dan telaah ilmiah kritis ...