Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN 005 Loa Janan Ilir melalui penerapan model pembelajaran word square. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahapan antara lain: rancangan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 30 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes serta teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan dilakukan, hanya 43% siswa menuntaskan nilai hasil belajarnya dengan rata-rata nilai 65. Setelah melakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa menjadi 60% dengan rata-rata nilai 66 dan pada siklus II kembali terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa menjadi 83% dengan rata-rata nilai 81. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran word square bisa membantu siswa mencapai hasil belajar IPA yang optimal.
Copyrights © 2023