Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan lembar kerja siswa berbasis bahasa ibu, (2) mengetahui uji kelayakan produk pengembangan lembar kerja siswa berbasis bahasa ibu pada aspek baca tulis untuk siswa kelas I Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang lakukan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas I sekolah dasar Nageoga secara perorangan dengan berjumlah 4-5 orang. Sedangkan objek yang diteliti adalah bahasa ibu etnis Nagekeo. Pengembangan lembar kerja siswa sebagai bahan ajar ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima langkah yaitu: (1) Analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation,(5) evaluation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket. Hasil penelitian pengembangan lembar kerja siswa sebagai berikut. (1) Uji coba ahli materi ada pada kategori layak dengan nilai rata-rata 83,33%, (2) Uji coba ahli bahasa Indonesia ada pada kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 93,33%, (3) Uji coba ahli bahasa daerah ada pada kategori layak dengan nilai rata-rata 83,33%, (4) Uji coba ahli desain ada pada kategori layak dengan nilai rata-rata 83,63%, (5) Uji coba ahli media ada pada kategori layak dengan nilai rata-rata 84,28%, dan (6) Uji coba siswa sebagai pengguna produk ada pada kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 93,84,%. Dengan demikian, pengembangan lembar kerja siswa berbasis bahasa ibu pada aspek baca tulis untuk siswa kelas I sekolah dasar ini layak dan siap digunakan.
Copyrights © 2023