Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT)
Vol 5 No 1 (2023): Edisi Maret

Pelaporan Keuangan BUM Desa, Wujud Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan (Pendampingan pada BUM Desa Berkah Sae Kedak Kediri)

Nurhidayati Nurhidayati (Politeknik Keuangan Negara STAN)
Dyah Purwanti (Politeknik Keuangan Negara STAN)
Luhur Priyantoko Aji (Politeknik Keuangan Negara STAN)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) menduduki peran penting dalam menjaga keberlangsungan usaha dan sebagai wujud akuntabilitas pengelolaan keuangan BUM Desa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang disajikan dalam tulisan ini memfokuskan pada pendampingan penyusunan laporan keuangan BUM Desa Berkah Sae Kedak Kediri. Kegiatan pendampingan dilaksanakan secara daring dan luring pada November 2022 sampai dengan Maret 2023. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan identifikasi dan profiling BUM Desa, pelatihan dan peningkatan literasi pengelola BUM Desa, pendampingan penyusunan laporan keuangan secara intensif, diakhiri dengan evaluasi kegiatan dan review laporan keuangan yang telah dihasilkan. Laporan keuangan disusun menggunakan aplikasi berbasis Excel agar lebih efisien. Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, BUM Desa Berkah Sae telah berhasil menyusun laporan keuangan dalam format Excel. Laporan keuangan yang dihasilkan yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan, dan laporan arus kas. Selain itu, laporan keuangan BUM Desa tahun 2022 yang telah disusun tersebut telah disampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KUAT

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT) dengan P-ISSN 2684-8120, e-ISSN 2686-1143 merupakan jurnal nasional yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan November oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Keuangan Negara STAN. Jumlah artikel dalam jurnal ini ...