SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 3 (2023): SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Kepuasan Pelanggan

Rabiyatul Jasiyah (Universitas Muhammadiyah Buton)
Lutfi Alhazami (Universitas Media Nusantara Citra)
Abubakar Betan (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Sari Makassar)
Edwar Gland Tetelepta (Teknologi Pembelajaran)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Pelatihan komunikasi antar pribadi terhadap kepuasaan pelanggan ini adalah: meningkatkan teknik untuk membangun keterampilan komunikasi yang efektif, memahami etika dalam berkomunikasi, baik etika komunikasi langsung maupun internet, baik komunikasi verbal maupun nonverbal Metode Pelaksanaan dalam melakukan Pelatihan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui tahapan yang terdiri dari tahap pertama ini merupakan hasil evaluasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebelumnya, dimana berdasarkan hasil evaluasi Tenaga Penunjang Akademik Universitas Muhammadiyah Buton memerlukan pelatihan tentang cara berkomunikasi yang efektif di masa pandemi. Tahap Kedua, Merupakan tahap persiapan pelaksanaan kegiatan mulai dari izin dari pengelola Universitas Muhammadiyah Buton kemudian berkoordinasi dengan kepala sekolah, untuk menentukan waktu dan kondisi Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Pelanggan Kepuasan Hasil Pelatihan ini adalah: meningkatkan teknik untuk membangun keterampilan komunikasi yang efektif, memahami etika dalam berkomunikasi, baik etika komunikasi langsung maupun melalui internet, baik komunikasi verbal maupun nonverbal, Menjadi pribadi yang berkualitas dengan komunikasi, mampu menangani dan menangani keluhan/keluhan pelanggan dan meningkatkan kualitas kerja dan menguatkan kinerja teh M.

Copyrights © 2023