Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa
Vol. 1 No. 2 (2023): April : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa

Urgensi Penyesuaian Sekolah Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar

Robingun Suyud El Syam (Universitas Sains Al-Qu’an, Wonosobo)
Salis Irvan Fuadi (Universitas Sains Al-Qu’an, Wonosobo)
Robiah Adawiyah (Universitas Sains Al-Qu’an, Wonosobo)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Menurunnya minat dan kemampuan belajar dampak pandemi merupakan tantangan pendidikan ke depan, maka pihak sekolah mesti memahami esensi kurikulum baru yang diproyeksikan mengatasi problem tersebut. Tujuan penelitian difokuskan untuk mengungkap urgensi penyesuaian sekolah terhadap kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian dalam setting library research dengan analisis content isi. Hasil penelitian menyimpulkan: bahwa kesiapan sekolah untuk menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka Belajar merupakan aspek kunci dalam mencapai tujuan pendidikan. Sekolah mesti memahamkan komponan pendidik dan tenaga pendidikan tentang esensi dari kurikulum tersebut. Pemahaman yang komprehenship tentang hal tersebut berdampak baik terhadap tercapainya tujuan esensial yang dipromosikan pemerintah yakni "Pulih Bersama dan Pulih Lebih Kuat". Penelitian merekomendasikan agar pemerintah melakukan difusi kurikulum Merdeka Belajar secara massif demi maksimalnya implementasi kurikulum Merdeka Belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

simpati

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linguistik: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, sosiolinguistik, analisis percakapan, analisis wacana kritis Sastra: sastra kontemporer, sastra komparatif, pendekatan interdisipliner dalam sastra, kritik sastra, sastra dan sejarah, sastra dan media, sastra dan seni lainnya, puisi ...