JPLED
Vol. 1 No. 3 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19

Arumia Fairuz Husna (Unknown)
Achmad Supriyanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah yang digulirkan beberapa tahun terakhir telah membuahkan hasil, yaitu meningkatnya minat baca di Indonesia. Namun dengan adanya pandemi Covid-19, tentunya ada kendala dan tantangan baru dalam penyelenggaraan Gerakan Literasi Sekolah, khususnya di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah di tingkat sekolah dasar di masa pandemi Covid-19 dan kendala apa saja yang dihadapi serta bagaimana solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi literasi. Hasil penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Gerakan Literasi Sekolah di tingkat sekolah dasar di Indonesia pada masa pandemi Covid-19, salah satunya program Sibatu Guli dan Tugu Berseri. Kemudian, memaparkan kendala yang dihadapi oleh siswa, orang tua siswa dan guru yang dapat diatasi dengan membaca digital pada platform yang sudah ada seperti web tool Story Jump, Literacy Cloud, dan platform lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...