JPLED
Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development

Optimalisasi Program Layanan Khusus di Sekolah Untuk Peningkatan Kualitas Peserta Didik

Norhadiana Norhadiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Peserta didik merupakan komponen inti dari kegiatan pendidikan. Era persaingan antar lembaga pendidikan yang begitu ketat seperti saat ini, sekolah harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan peserta didik. Bahkan ada seorang ketua yayasan pendidikan yang mengatakan bahwa mencari murid jauh lebih sulit daripada mencari guru baru. Mananjemen siswa tidak hanya berbentuk pencatatan data peserta didik, tetapi mencakup aspek yang lebih luas secara operasional untuk membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan di sekolah. Sebagai layanan khusus peserta didik meliputi layanan bimbingan dan konseling, layanan perpustakaan, layanan kafetaria/kafetarian, layanan kesehatan, layanan transformasi sekolah, layanan asrama, dan layanan ekstrakurikuler, layanan laboratorium, dan keamanan. Metode dalam penulisan ini disusun dengan metode dan langkah-langkah yang sistematis untuk memudahkan melakukan penelitian Layanan khusus diadakan di sekolah dengan tujuan untuk memfasilitasi pelaksanaan pengajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Manajemen layanan khusus adalah proses pemberian layanan terhadap kebutuhan peserta didik untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...