JPLED
Vol. 2 No. 2 (2022): Journal of Practice Learning and Educational Development

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6

laura fauzana (UNIVERSITAS NEGERI PADANG)
Desyandri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan multimedia interaktif berbasis Android menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 26 Air Tawar Timur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Theme 7 kelas V SD dengan persentase validitas oleh ahli media 94,28%, ahli materi 90,67%, ahli bahasa 94,28% % , kepraktisan guru 92,5% dan kepraktisan siswa 96,66%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...