JPLED
Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Persepsi Guru Tentang Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Sekolah Berbasis Digital Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Padang Panjang

Dian Putri Septiani (Universitas Negeri Padang)
Rusdinal Rusdinal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang peneliti temui di sekolah terkait kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah yang ada di SMK Negeri Kota Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMK Negeri Kota Padang Panjang yang berjumlah 122 orang. Instrument yang digunakan adalah angket model skala likert yang telah dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabelitasnya. Hasilnya 33 item angket valid dan 12 item angket tidak valid serta instrument penelitian dinyatakan reliabel. Data diolah menggunakan rumus mean (rata – rata). Hasil pengolahan data diperoleh skor rata–rata  Pelaksanaan Urusan Administrasi Kepegawaian memperoleh skor rata-rata 4,54 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Keuangan memperoleh skor rata-rata 4,35 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Sarana dan Prasarana memperoleh skor rata-rata 4,32 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat memperoleh skor rata-rata 4,29 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Persuratan dan Pengarsipan memperoleh skor rata-rata 4,33 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Kesiswaan memperoleh skor rata-rata 3,84 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Kurikulum memperoleh skor rata-rata 4,38 dengan kategori mampu.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan persepsi guru terhadap kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah berbasis digital di SMK Negeri Kota Padang Panjang sudah mampu dilaksanakan dengan skor rata–rata 4,29

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...