JPLED
Vol. 3 No. 2 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Persepsi Guru Tentang Efektifitas Peran Komite Sekolah Di MTSN Se-Kota Payakumbuh

Tiara Hanifia Afmansyah (Universitas Negeri Padang)
Yulianto Santoso (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang efektifitas peran komite sekolah dari aspek: memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan, pemberian dukungan finansial, pemikiran, dan tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan, melakukan evaluasi dan pengawasan pelayanan pendidikan, menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi. Populasi penelitian adalah guru MTSN Se-Kota Payakumbuh yang berjumlah 139 orang. Diambil sampel sebanyak 59 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dalam bentuk skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 23. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan skor rata-rata (mean). Hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi guru tentang efektifitas peran komite sekolah di MTSN Se-Kota Payakumbuh pada 1) aspek memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan berada pada kriteria efektif dengan mendapatkan skor capaian 4,44, 2) pemberian dukungan finansial, pemikiran, dan tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan berada pada kriteria efektif dengan mendapatkan skor capaian 4,40, 3) melakukan evaluasi dan pengawasan pelayanan pendidikan berada pada kriteria efektif dengan mendapatkan skor capaian 4,37, 4) menindaklanjuti keluhan, saran,kritik dan aspirasi berada pada kriteria efektif dengan mendapatkan skor capaian 3,98. Secara keseluruhan, rata-rata skor 4,29 dengan kriteria efektif. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyarankan agar komite sekolah meningkatkan lagi terutama pada aspek-aspek yang digunakan dalam penelitian ini, agar meningkatkan mutu pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...