JPLED
Vol. 3 No. 2 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kecamatan Gunung Talang

Adly Aziz (Universitas Negeri Padang)
Sulastri Sulastri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi seberapa mampu guru menerapkan kompetensi kepribadian di SMK Negeri se-Kecamatan Gunung Talang yang dilihat dari aspek kepribadian yang mantap dan stabil, kepribadian yang dewasa, kepribadian yang arif, kepribadian yang berwibawa dan akhlak yang mulia dan menjadi teladan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa berjumlah 1128 orang dan sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dengan teknik Simple Random Sampling sebanyak 103 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket atau kuesioner dengan menggunakan model Skala Likert dengan lima alternatif jawaban yaitu sangat mampu (SM), mampu (M), cukup mampu (CM), kurang mampu (KM), dan tidak mampu (TM).. Sebelum angket digunakan sudah dilakukan uji coba dahulu sebanyak 50 item untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya dengan hasil seluruh item valid, serta instrumen dinyatakan reliabel. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis data statistik deskriptif. Data dikumpulkan ke sekolah dan diolah dengan menggunakan rumus mean. Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru di SMK Negeri se-Kecamatan Gunung Talang sudah pada kategori mampu dengan skor rata-rata akhir 3,86. Untuk aspek yang memiliki skor rata-rata tertinggi yaitu pada aspek akhlak yang mulia dan menjadi teladan dengan capaian skor rata-rata 3,99 dengan kriteria mampu, sedangkan aspek yang memiliki skor rata-rata terendah yaitu pada aspek kepribadian yang berwibawa dengan capaian skor rata-rata 3,76 dengan kriteria mampu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...