JPLED
Vol. 3 No. 2 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

persepsi pegawai terhadap pengawasan oleh atasan langsung di dinas pendidikan provinsi sumatera barat

Weno Aulia Tri Putra (Universitas Negeri Padang)
Syahril (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi penulis yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, yang menunjukan bahwa masih belum maksimalnya pengawasan atasan langsung di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dilihat dari aspek penetapan standar, pengukuran kerja, penilaian kerja, tindakan koreksi. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang terdapat di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat berjumlah 154 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 99 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Propotional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk Skala Likert yang sudah di uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi pegawai terhdap pelaksanaan pengawasan di dinas pendidikan provinsi sumatera barat dari aspek penetapan standar mendapatkan skor rata-rata 4,51 yang sudah berada pada kriteri sangat baik,pengukuran kerja mendapatkan skor rata-rata 4,4 yang sudah berada pada kriteria sangat baik, penilaian kerja mendapatkan skor rata-rata 4,43 yang sudah berada pada kriteria sangat baik. tindakan koreksi mendapatkan skor rata-rata 4,41 yang sudah berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan keseluruhan indikator mendapatkan skor rata-rata 4,43 dengan kriteria sangat mampu. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menarik kesimpulan bahwa 4 indikator yang penulis teliti mencapai kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4,43.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...