Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi penulis yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, yang menunjukan bahwa masih belum maksimalnya pengawasan atasan langsung di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dilihat dari aspek penetapan standar, pengukuran kerja, penilaian kerja, tindakan koreksi. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang terdapat di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat berjumlah 154 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 99 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Propotional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk Skala Likert yang sudah di uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi pegawai terhdap pelaksanaan pengawasan di dinas pendidikan provinsi sumatera barat dari aspek penetapan standar mendapatkan skor rata-rata 4,51 yang sudah berada pada kriteri sangat baik,pengukuran kerja mendapatkan skor rata-rata 4,4 yang sudah berada pada kriteria sangat baik, penilaian kerja mendapatkan skor rata-rata 4,43 yang sudah berada pada kriteria sangat baik. tindakan koreksi mendapatkan skor rata-rata 4,41 yang sudah berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan keseluruhan indikator mendapatkan skor rata-rata 4,43 dengan kriteria sangat mampu. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menarik kesimpulan bahwa 4 indikator yang penulis teliti mencapai kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4,43.
Copyrights © 2023