Jurnal Matematika Integratif
Vol 13, No 1: April, 2017

Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah

Karunia Eka Lestari (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang)
Mokhammad Ridwan Yudhanegara (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam mata kuliah Geometri Transformasi berdasarkan latar belakang pendidikan menengah. Latar belakang pendidikan yang diamati dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu SMA-IPA, SMA-IPS, SMK, dan MA. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto dan desain kausal-komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V tahun ajaran 2015-2016. Berdasarkan uji Kruskal-Walis H diperoleh nilai signifikansi untuk keempat kelompok adalah 0,168. HalĀ  ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis berdasarkan mahasiswa pada mata kuliah Geometri Transformasi berdasarkan latar belakang pendidikan menengah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Jurnal Matematika Integratif (JMI) is a national journal intended as a communication forum for mathematicians and other scientists from many practitioners who use mathematics in research. JMI received a manuscript in areas of study mathematics widely, and math-based multidisciplinary studies derived ...