Suska Journal of Mathematics Education
Vol 9, No 1 (2023)

Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Miska Elsi Aurelia (Universitas Riau)
Susda Heleni (Universitas Riau)
Atma Murni (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini yakni menciptakan produk berbentuk media dengan menngunakan Articulate Storyline 3 dilengkapi panduan kategori sangat valid dan sangat praktis. Media ini sebagai sumber belajar bagi siswa kelas VIII untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Penelitian ini menerapkan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu:  Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis dilakukan dengan wawacara, observasi, dan penyebaran angket. Tiga validator memvalidasi media pembelajaran beserta panduan. Instrumen validitas panduan media dan instrumen validitas media pembelajaran berfungsi sebagai sarana. Rata-rata nilai validasi media pembelajaran yang didapatkan yaitu 3.47 termasuk kategori sangat valid, serta untuk nilai validasi panduan media yang didapatkan adalah 3.43 termasuk kategori sangat valid. Enam siswa kelas VIII.5 MTs 1 Pekanbaru merupakan subjek uji coba produk umtuk menggunakan instrumen angket respon siswa. Perolehan uji coba produk yang didapatkan adalah 0.99 termasuk kategori sangat praktis

Copyrights © 2023