Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 17, No 3 : Al Qalam (Mei 2023)

Hubungan Psychological Well-Being dan Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Resiliensi Siswa pada New Normal Pandemi Covid-19

Devina Amalia (Universitas Negeri Padang)
Riska Ahmad (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan psychological well-being dan dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi siswa pada new normal pandemi Covid-19 dengan: (1) menganalisis gambaran psychological well-being siswa, (2) menganalisis gambaran dukungan sosial orangtua, (3) menganalisis resiliensi, (4) menganalisis seberapa besar hubungan psychological well-being dan dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi siswa pada new normal pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X,XI dan XII di SMA Pembanguan laboratorium UNP. Sampel penelitian berjumlah 248 orang. Instrumen yang digunakan ialah daftar isian dengan skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, psychological well-being siswa berada pada kategori tinggi, (2) dukungan sosial orangtua pada kategori tinggi, (3) resiliensi remaja dikategorikan tinggi, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara psychological well-being dengan resiliensi siswa, (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan resiliensi, dan (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara psychological well-being dan dukungan sosial orangtua dengan resiliensi siswa.  Implikasi dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam pelayanan bimbingan dan konseling.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...