Journal of Management and Creative Business
Vol. 1 No. 3 (2023): Juli : Journal of Management and Creative Business

EFEKTIVITAS PRODUKSI SEMPRONG MAK’E

Fajar Ahmad Prasetyo (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Dendy Barqah (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Santi Pertiwi Hari Sandi (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Dwi Epty Hidayaty (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Dalam kunjungan tersebut kami mendapatkan informasi mengenai perusahaan industry yang kami kunjungi mulai dari proses produksi, proses pemasaran, dan omset penjualan. Selain itu kami mengetahui histori dari awal berdirinya perusahaan tesebut. Metode penulisan artikel ini adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Semprong mak’e dalam menjalankan usahanya selama 3 tahun memiliki system produksi yang efektif. Efektivitas atau pencapaian usaha semprong selama 3 tahun ini yaitu semprong mak’e sudah banyak diketahui di daerah batujaya dan sekitarnya. Sehingga membuat usaha ini terus berjalan dengan lancar. Pencapaian selama 3 tahun itu sangat tidak mudah dari mulai naik turunya penjualan, susahnya bahan baku yang digunakan dalam pembuatan semprong, membutuhkan tenaga kerja yang banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam proses produksi semprong mak’e terdiri dari alur produksi yang efektif yaitu, pembuatan adonan semprong, pencetakan semprong, pembakaran, dan pengemasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmcbus

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Promote the results of recent research on management and or informatics. Publish only research on management (such as information management, marketing management, financial management, management of resources, operation/production, business management, ...