Abstrak. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui: (1) Gambaran hasil desain panduan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa; (2) Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa mudah pemanfaatannya; dan (3) Efektivitas implementasi panduan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa. Metode penelitian ini adalah Resarch dan Development, dengan menggunakan model ADDIE. Objek penelitian ini yang akan diuji adalah Buku panduan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yng bentuk penyajian datanya menggunakan deskripsi dan gambar-gambar. Hasil penelitian (1) proses Desain buku panduan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa adalah menggunakan model desain Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Tampilan fitur-fiturnya adalah Fitur utama perpustakaan.unm.ac.id, fitur menu utama, fitur layanan yang tersedia, fitur artikel ilmiah. Buku panduan tersebut dinyatakan efektif dan efisien. Untuk itu disarankan agar dimanfaatkan oleh dosen pegampu mata kuliah agar mengarahkan mahasiswanya untuk menelusur informasi / referensi Kata Kunci: Perpustakaan, Buku, Panduan
Copyrights © 2021